Home » Tips & Tricks » Teknik Meredam Kemarahan Google

Teknik Meredam Kemarahan Google

Belum lama ini, Google kembali melakukan update algoritma secara besar-besaran. Banyak website tumbang, tetapi juga tidak sedikit yang justru bisa naik secara signifikan. Bagi web yang terkena imbas, tentu ini tidak menyenangkan. Apalagi, jika telah lama berada di jajaran paling depan. Khusu update bulan September 2016 ini, Google memang tidak menyampaikannya secara eksplisit. Namun dari berbagai info yang beredar, update ini sangat kompleks. Sehingga, kemarahan Google bisa mengenai siapa saja, tak terkecuali web yang sudah established rankingnya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Melihat kondisi tersebut, tentu kita ingin selalu aman tatkala pemilik mesin pencari melakukan pembaruan. Maka dari itu, SEO Handal akan berbagi teknik bagaimana meredam kemarahan Google. Baik itu saat kita memulai optimasi maupun setelah terkena imbas.

I. Teknik Saat Memulai Optimasi

Gunakan teknik yang benar-benar sesuai dengan keinginan Google. Proses ini biasanya memang tidak instan, namun dijamin web yang dikelola akan tahan guncangan. Diantaranya adalah:

1. Tidak melakukan link building secara frontal dan membabi buta. Lakukan optimasi senatural mungkin. Mulai dari pemilihan sumber backlink, variasi anchor text, hingga jumlah link per hari. Bahkan, hal-hal kecil lain yang terkait dengan link building ini juga perlu dipertimbangkan.

2. Membuat konten yang berguna bagi pengunjung. Ingat bahwa jumlah kata tidaklah mencerminkan bahwa konten tersebut berguna. Oleh karena itu, pikirkan apa yang memang diperlukan oleh pengunjung.

3. Buat layout / template / desain yang rapi dan mudah untuk dijelajahi robot Google. Hindari instertitial iklan dan semacamnya.

Dengan cara diatas, besar kemungkinan web akan tetap aman dalam kondisi apapun. Baik untuk web yang masih baru maupun yang telah sukses berada di halaman 1 Google.

II. Teknik Jika Terlanjur Kena Imbas

1. Analisa semua backlink melalui Google Webmaster Tools. Hapus link-link yang bermasalah jika memungkinkan. Jika tidak, lakukan disavow. Jangan melakukan rekonsiderasi jika tidak mendesak.

2. Hentikan proses link building dan perbanyak internal linking selagi bisa.

3. Cari link dari web yang memiliki otoritas tinggi untuk mengembalikan trust web tersebut. Cara ini sangat sulit, namun bukan tidak mungkin jika pelaku SEO benar-benar profesional.

Jika 3 hal diatas dilakukan dengan baik, biasanya web akan kembali normal seperti sedia kala.

Demikian teknik meredam kemarahan Google yang biasa dilakukan oleh tim SEOHandal.com. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *