Home » Tips & Tricks » Strategi Mengelola Konten Untuk Tujuan SEO

Strategi Mengelola Konten Untuk Tujuan SEO

Ketika seseorang mulai mengelola sebuah web atau blog, konten akan selalu menjadi perhatian yang paling utama. Sebab, dengan konten itulah sang pengelola bisa berkomunikasi dengan para pengunjung. Namun, seringkali kita melihat betapa banyak konten-konten dengan kualitas bagus, justru tidak memberi efek signifikan dalam tujuannya untuk SEO. Apakah Google salah dalam menilai kualitas konten tersebut? Apa justru kita sendiri yang memang kurang teliti dalam mengelolanya? Ada banyak faktor mengapa konten tidak memberi dampak apa-apa terhadap usaha SEO yang telah kita lakukan. Maka dari itu, kali ini SEO Handal akan berbagi tentang bagaimana strategi yang tepat dalam mengelola konten untuk tujuan SEO.

1. Tetap Fokus

Banyak pengelola web kehilangan fokus setelah merasakan letihnya mengelola konten. Dan ini merupakan penyakit yang hampir dirasakan oleh semua pemilik web. Oleh karenanya, membuat plan & schedule jangka panjang sesuai dengan tema web adalah cara tebaik untuk tetap fokus. Fokus disini tidak hanya berkutat pada apa nichenya, apa temanya dst. Tetapi juga harus fokus dalam merencanakan rutinitas update dan hal-hal yang terkait dengannya.

Untuk bisa fokus, pengelola konten harus bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Membuat konten yang terfokus pada brand website
  2. Mencari long tail keywords yang terkait dengan keyword web ataupun brand
  3. Membuat konten yang berisi produk / jasa yang dijual web tersebut
  4. Kreatif memanfaatkan segala sesuatu yang bisa tetap fokus pada brand atau keyword

2. Jangan Off Topic

Pada saat pengelola konten kehabisan ide, biasanya mereka dengan sengaja membuat konten yang off topic atau tidak nyambung dengan tema dari web tersebut. Hasilnya, meski jumlah indeks semakin banyak, tetapi tidak akan pernah memberi dampak yang bagus di mata mesin pencari. Bahkan, tidak jarang justru mendapatkan efek negatif dari pembuatan konten off topic tersebut.

Sekarang, coba review ulang bagaimana metode anda dalam mengelola konten. Apakah sudah sedemikian bagus dan rapi? Jika belum, ada baiknya mempertimbangkan strategi mengelola konten untuk tujuan SEO diatas. Sebab, sebagus apapun anda melakukan link building, tidak akan berarti jika konten anda tidak maksimal. Semoga artikel yang singkat ini berguna untuk menambah wawasan anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *