Home » Pengetahuan Dasar » Mengenal Backlink dan Fungsinya Untuk SEO

Mengenal Backlink dan Fungsinya Untuk SEO

Backlink adalah sebuah kata yang paling sering dipakai dalam dunia SEO. Namun, ternyata masih banyak juga diantara para pengguna internet yang kurang paham tentang kata ini. Oleh karena itu, SEOHandal akan berusaha menjelaskannya disini secara singkat. Baik itu dari segi fungsinya, atau sekedar apa arti backlink itu sendiri. Dengan harapan, pembaca akan paham betul betapa backlink sangat penting dan mendasar dalam belantara SEO dunaia. So, mari kita mulai saja.

Backlink adalah link yang datang atau masuk kedalam sebuah halaman web. Ketika sebuah web memberikan link pada halaman lain, itulah sejatinya apa yang dimaksud dengan backlink. Di masa lalu, backlink merupakan metrik utama untuk bisa mendapatkan ranking di hasil pencarian. Semakin banyak link yang masuk ke halaman tertentu, akan semakin berpeluang mendapat ranking tinggi di mesin pencari, tidak terkecuali Google.

Dibawah ini adalah beberapa istilah yang terkait dengan backlinks:

1. Link Juice: Ketika sebuah halaman memberikan link pada halaman lain, halaman yang dituju akan mendapatkan getah / efek. Sehingga, halaman yang dituju akan mendapatkan peluang meraih rank yang lebih baik. Link Juice bisa dihentikan dengan menggunakan nofollow tag pada link tersebut.

2. Nofollow Link: Sebuah link yang didalamnya terdapat nofollow tag. Link jenis ini tidak memberikan efek pada perankingan. Namun tetap bagus untuk menjaga naturalitas sebuah web.

3. Dofollow Link: Sebuah link yang tidak mengandung unsur nofollow tag. Link jenis ini memberikan efek pada perankingan dan bisa menaikkan Domain Authority sebuah web. Namun sumber link tersebut harus benar-benar kredibel untuk mendapatkan link juice yang maksimal.

4. Low-Quality Links: Link dengan kualitas rendah. Biasanya berasal dari situs spam, situs 17+, dan atau semisalnya.

5. Anchor Text: Teks yang digunakan untuk memberikan label pada link yang dituju. Anchor Text sangat penting jika kita ingin mendapat rank pada keyword tertentu. Namun jangan pernah over-optimized karena itu akan merusak naturalitas situs anda.

Fungsi Backlink:

Seperti telah disinggung pada artikel apa itu SEO, backlink digunakan untuk membantu sebuah web dalam meraih rank lebih tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua link memiliki nilai sama. Sejak Google menggunakan algoritma Penguin, hanya backlink dengan kualitas tinggi yang memberikan efek positif. Sisanya, tidak memberi efek apa-apa dan kadang justru memberikan efek yang negatif.

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami sampaikan terkait dengan backlink pada saat ini. Semoga setelah kita mengenal backlink dan fungsinya untuk SEO, kita bisa menggunakannya dengan lebih baik dan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *